Antara Hyun Bin, Park Bo Gum, dan Choi Jin Hyuk

Yang mana dari ketiganya, yang bikin hati kamu berdebar?

Bulan Desember 2018, tiga drama korea masuk dalam jadwal tonton saya. Ketiganya punya tema berbeda, dengan daya tariknya masing-masing. Ketiganya saya tonton gara-gara para aktornya. Ada Hyun Bin, si tampan yang udah lama banget enggak keliatan di dramaland, Park Bo Gum yang innocent dan bisa bikin harimu lebih enteng, dan Choi Jin Hyuk yang mukanya bikin tenang dan senang.

Hehehe. 

Hyun Bin main dalam The Memories of Alhambra, tayang setiap Senin dan Selasa di TVN. Saya menonton melalui drakor.id atau Kissasian karena drama ini enggak tayang di Viu.

Drama ini disebut bergenre fantasi -romantis. Namun dari empat episode yang sudah tayang, sebetulnya terasa lebih bernuansa teknologi -karena memamerkan permainan augmented reality yang canggih- ketimbang fantasi ala-ala Goblin.

Dari ketiga drama yang dipantengin, The Memories of Alhambra punya background story yang paling segar dengan memasukkan issue permainan AR. Saya belum pernah melihat tema ini sebelumnya, kecuali pada Lucky Romance. Hanya saja pada Lucky Romance, AR hanya disinggung sedikit. Sementara pada The Memories of Alhambra, kita bisa larut dalam permainan itu berkat sinematografi yang mumpuni.

Bertema drama romantis, relasi pasangan utama di drama ini tergolong klise. Si lelaki geek tampan yang juga memimpin perusahaan teknologi kelas atas di Korea, dan si perempuan digambarkan miskin dan selalu kerja serabutan demi memenuhi kebutuhan keluarga jauh dari Korea (sebelum akhirnya ia mendadak jadi milyarder karena si geek membeli hostel tua miliknya seharga 10 miliar won).

Hanya saja, sampai empat episode berjalan, akting Park Shin Ye sebagai lawan main Hyun Bin masih belum menarik. Saya baru melihat akting Shin Ye dalam Doctors adu akting dengan Kim Rae Won. Dalam drama itu, Shin Ye cenderung membosankan. Mudah-mudahan karakternya segera berkembang dan bersinar dalam The Memories of Alhambra agar Hyun Bin tak terlalu menyilaukan sendirian.

The Memories of Alhambra punya komponen sukses sebuah drama. Pemainnya ialah aktor dan aktris kelas A ditambah ido Chanyeol EXO, dengan tema games AR yang relatif fresh, plus syuting di luar negeri (Granada, Spanyol).

Empat episode awal cukup menjanjikan dengan ketegangan antara realita dan dunia games. Kalau berniat menontonnya kelak secara marathon, siapkan stamina dan komitmen sebab tiap akhir episode dibuat menggantung dan memunculkan penasaran luar biasa.

Nuansa luar negeri yang eksotis juga ditampilkan dalam drama TVN lainnya yaitu Encounter.  Mengambil latar Havana, Kuba di episode pertama drama ini begitu menarik perhatian lewat dua episode perdana. Minggu ini masuk episode 5-6 dan saya jadi mesti banyak berdoa agar bakat akting Park Bo Gum dan Song He Kyo tak tersia-sia akibat plot yang membosankan dan dialog-dialog basi.

Daya tarik utama Encounter memang terletak pada dua pemain bintang yang sudah dua tahun lebih absen di dramaland. Park Bo Gum terakhir kali main drama sebagai pangeran Lee Yeoung yang jahil, cerdas, setia kawan, dan bijak dalam drama saeguk laris Love in the Moonlight. Sedangkan Song He Kyo tampil menawan sebagai dokter cerdas yang jauh cinta pada tentara dalam mega hits Descendants of The Sun.

Didukung sinematografi yang indah, semestinya Encounter bisa menjadi drama bertema noona romance yang lebih menarik. Biasanya hubungan cinta beda status sosial ditampilkan dalam relasi lelaki kaya dan perempuan miskin. Namun, Encounter menawarkan sebaliknya. Jadi semestinya banyak yang bisa dimunculkan sebagai tafsir baru.

Saya pribadi menyayangkan naskah drama yang membosankan . Sejauh ini, sampai episode kelima, masih terlalu banyak kebetulan yang sangat ‘drama’ dan mengada-ada.

Pada hari tayang yang sama , Rabu-Kamis, Encounter bersaing dengan Last Empress/ The Empress Dignity. Ada Choi Jin Hyuk yang juga favorit saya sejak Tunnel (2015),  beradu akting dengan Jang Nara.

Jin Hyuk yang baru saja tampil sebagai orang kaya amnesia dalam Devilish Joy rupanya gerak cepat dengan karakter yang berbeda. Dalam drama dengan premis Korea Selatan sebagai negara monarki, ia tampil manly sebagai pengawal pribadi keluarga kerajaan. Selama syuting berlangsung, ia pun mesti dijahit karena terluka, sampai 30 jahitan.

Tayang 30 menit tiap episode, Last Empress sudah masuk episode ke-14 minggu ini. Tiap akhir episode selalu memunculkan penasaran terkait adu intrik antara Raja dan kekasih gelapnya yang juga Chief Assistant kerajaan, dengan ibu suri.

Pemeran lain dalam drama ini ada si cantik Lee Elijah yang menurut saya agak over acting berperan sebagai pelakor, dan Shin Sung Rok yang juga terasa lebay. Untung ada Jin Hyuk. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.