One year. Already.

Ada hal-hal yang terasa cepat berlalu. Dan tiba-tiba, banyak kejadian yang kini jadi kenangan dan pelajaran. Tanpa latar belakang bisnis yang mumpuni, saya tak henti-hentinya bersyukur atas apa yang sedang dijalani Arkea.id dan telah terlewati.

Norak, mungkin. Biarin.

Ada hal-hal yang tak pernah melelahkan untuk dikerjakan. Dan itu seperti hal yang begitu kita cintai, dan kita yakini. Yang membuat kita bersedia berjaga malam demi malam, bertemu dengan banyak orang, menerima kekecewaan dan berusaha menebus kesalahan. Tanpa keluhan. Sama sekali.

Setahun lalu, Arkea sah secara administratif berdiri sebagai badan usaha. Tanpa business plan yang komplit dan njelimet. Cuma sehalaman kertas berisi misi personal. Lalu ada tiga teman bersedia mendukung. Jadilah CV. Tanpa hitungan potensi project berikutnya. Arkea lantas lebih dikenal sebagai NyonyaBuku dan #KamisLiterasi.

nyobuk

Lalu waktu pun berjalan. Meski sudah sah secara administratif, namun tingkat kesiapan bisa dibilang nihil. Proses transfer kecintaan, pengetahuan, keyakinan tak bisa berjalan cepat.

Pelan-pelan, project mulai datang. Tapi biaya kebodohan demi kebodohan pun harus dibayar di depan. Perjalanan mencari rekanan percetakan yang tak singkat, keputusan-keputusan yang berakibat pada kerugian, partner yang tak tak lagi sejalan, hingga tim yang mangkir dari tanggungjawab. Itu biasa sebagai proses berkembangnya sebuah bisnis.

Kamlit

Tapi yang menarik, menilik pengalaman yang belum banyak ini, ternyata rezeki itu datang saat kita percaya diri menjadi diri sendiri. Saat kita bersetia dengan hal yang kita yakini dan keterampilan yang kita miliki. Saat kita begitu ikhlas menjadi diri sendiri tanpa silau melirik kompetitor dan sibuk meniru. Saat kita terus mengeksplorasi apa yang kita miliki. Hal-hal itu ada di diri kita, menjadi DNA kita, dan tak mungkin ditiru. Selama kita di ‘garis’ kita.

Dan betul, hal-hal baik terus terjadi.

Orang baru terus berdatangan seiring dinamika Arkea mencari bentuk yang pas. Maju terus. Tak mungkin lagi mundur. Terutama ketika sudah ada tanggung jawab menggaji orang.

Dan tiba-tiba, hari ini tepat setahun.  Dua hari lalu, Arkea sudah punya ‘baju baru’. Kini bentuknya tak lagi badan usaha, tapi badan hukum dengan kucuran dana segar. Namanya masih sama dengan CV-nya. Please meet PT. Artha Kreasi Aksara (Arkea). Ah, my baby.

Dan tentu saja, ini bukan lagi perkara mimpi pribadi. Ada impian dan misi personal dari tim yang akan membentuk identitas Arkea. Dengan cara itulah, bayi ini akan tumbuh berkembang. Amin.

Memang, masih panjang jalan di depan.
Dan tentu saja, kami tak gentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *